Home > Inspirasi > Saat Influencer Mengolok-olok Brand Anda di Twitter

Saat Influencer Mengolok-olok Brand Anda di Twitter

Anda tak ingin diolok-olok orang di depan umum bukan? Anda juga tak ingin brand yang Anda kelola dibicarakan jelek di hadapan banyak orang, kan? Anda tak ingin brand Anda cemar di internet juga, kan?

Pernah saya tuliskan di sini, tentang pentingnya sebuah brand memahami apa itu branding. Branding adalah keseluruhan kegiatan dari upaya agar brand dinilai baik dan orang mau menggunakannya. Jika salah satu dari unsur dari produksi, distribusi atau promosi ada satu saja yang cacat, brand pun akan cacat juga.

Kemudian, saya juga pernah menulis bahwa social media itu bisa digunakan untuk branding. Konsentrasi massa di social media yang begitu besar, karakter social media itu sendiri, serta tingkat aksesibilitasnya, menyebabkan social media bisa menjadi alat yang bermanfaat untuk membesarkan brand Anda. Tapi, dalam artikel tersebut juga saya peringatkan bahwa, jika Anda tidak menjaga brand Anda dengan baik, alih alih menguntungkan, social media bisa jadi boomerang, massa bisa berbalik menyerang dan membunuh brand Anda.

Silakan simak kumpulan tweet berikut berikut ini:

pasarsapi ainun chomsun
Wahai @Bluebirdgroup anda buruuuuk sekali..!

pasarsapi ainun chomsun
Untuk para pengusaha taksi, saya doakan armada kalian cepat bertambah banyak, @Bluebirdgroup semakin jelek pelayanannya. Ini kesempatan!

pasarsapi ainun chomsun
RT @mbelgedez: Kmrn naek taxi @Bluebirdgroup sopirnya ngegas ndak smooth. Jedag jedug kyk angkot. Jd ndak isa tdr deh. Pdhl jln jauh jee…

pasarsapi ainun chomsun
Kami bersedia bayar @Bluebirdgroup lebih mahal krn pelayanan& jumlah armadanya.Sayang anda berkali2 menghancurkan loyalitas kami sekeluarga!

pasarsapi ainun chomsun
Ooh jadi yg kaya aja yg dilayani dgn baik? Catet! :p RT @andrias98: kemaren saya naik Silver Bird,nyaman2 aja kok *melipir* *ngemil thiwul*

pasarsapi ainun chomsun
Sudah aah…ngomel sama @Bluebirdgroup ditimeline, nanti saya pindahin aja ke @detikcom *lirik @andrias98 😀

pasarsapi ainun chomsun
Naah! RT @dwi_anggia: @Bluebirdgroup udh gitu sopir nya sering banget ga tau jalan. Aneh!

pasarsapi ainun chomsun
@puputrossi sudah berkali2 tidak memberi kabar kalo armada taksi @Bluebirdgroup tidak dtg, pdhl sudah pesan dr 1,5 jam sebelum

pasarsapi ainun chomsun
Mumpung hari Jumat, mari kita berdoa semoga semakin banyak dan semakin baik taksi2 selain @Bluebirdgroup *aamiiin*

pasarsapi ainun chomsun
RT @fanabis: taksi @Express_Group lebih gesit dan argonya lebih murah nyaris 50% dr @Bluebirdgroup tp kayaknya blm punya voucher 🙂

pasarsapi ainun chomsun
RT @crezative: aku skr lbih prcaya sama Gamya mba drpada @Bluebirdgroup

pasarsapi ainun chomsun
@ArifVanguard iya neeh pagi2 ngamuk sama @Bluebirdgroup keterlaluan sdh 4 kali mengecewakan pesanan kami 😥

pasarsapi ainun chomsun
RT @sunarwidodo: Selain Express, Gamya jg bs dipcy. @Bluebirdgroup ? Sopirnya byk yg gak tahu jalan.

pasarsapi ainun chomsun
Doakan banyak 🙂 RT @ayuestrellita: taksi gamya supirnya sopan2, tarifnya murah, mobilnya bagus (Nissan sunny); sayang armadanya msh sedikit

pasarsapi ainun chomsun
LOL RT @mbelgedez: HRD @Bluebirdgroup: Kamu bs nyopir? |sopir: bisa pak |ngerti jalan Jkt? |sopir: enggak pak |KM DITERIMA !! |

pasarsapi ainun chomsun
RT @tamitardhani: @pasarsapi betuuuul mbaa, aku pernah disasarin di TOL dong sama @Bluebirdgroup -_-* re: sopir ga tau jln

pasarsapi ainun chomsun
@andisamiaji kalo dikecewain berkali2 sama @Bluebirdgroup sebel gak? Pesenan gak datang gak ngabarin dan udah lebih dr 3 kali 😥

pasarsapi ainun chomsun
RT @tikabanget: dulu aku pernah survey tentang taksi di twitter. hasilnya, Gamya dan Transcab dpt nilai bagus.

pasarsapi ainun chomsun
Goblooss 😀 RT @mbelgedez: HRD @Bluebirdgroup: Kamu hapal jln jkt? |pelamar: nggak pak|bs nyopir?|pelamar: nggak pak|KM JD MANAJER AJA!! |

Woooww…yg respon kekecewaan sy atas @Bluebirdgroup banyak beneeer….! Thanks teman2. Mari kita berdoa sistem transportasi Jkt membaik

Itulah kumpulan tweet Ainun Chomsun pada Jumat, 11 Februari 2011 sekitar pukul 9 pagi yang saya kumpulkan. Ainun adalah seseorang yang punya akun twitter @pasarsapi. Followers @pasarsapi sebanyak 4,051. Ia mempunyai nilai klout (tingkat pengaruh) 64. Ia bisa disebut sebagai influencer di twitter. Itu artinya, kebanyakan follower @pasarsapi (bisa jadi ribuan orang) melihat tweetnya tentang brand Bluebird (@Bluebirdgroup).

Dari tweet yang mengisyaratkan kekecewaaannya terhadap layanan brand Bluebird tersebut, ternyata banyak yang merespon. Dan dari tweet respon yang muncul ternyata banyak yang malah menambahkan kejelekan brand tersebut. Ada yang bercerita pengalaman buruknya tentang brand tersebut, bahkan ada yang memberikan penegasan (yaitu @tikabanget , yang punya 5000 lebih dari follower), bahwa ia pernah melakukan riset yang hasilnya menunjukkan brand tersebut pada posisi kalah dibanding brand pesaingnya. Tak hanya itu, kemudian, dari respon tersebut juga muncul produk (brand) lain yang lebih dianjurkan untuk sebagai pengganti brand yang mengecewakan tersebut.

Ya. begitulah jika influencer mengabarkan hal buruk tentang brand Anda di twitter. Efek viralnya begitu cepat dan bisa mendorong orang lain untuk bersuara yang sama. Volume jangkauan viralnya pun semakin besar dan semakin besar.

Jika Anda tak bisa mengelola kejadian yang seperti itu di social media, bersiaplah kehilangan kepercayaan dari para pelanggan Anda, meskipun sedikit demi sedikit.

Tulisan ini juga ada di: rumahdot.com

Advertisements
  1. April 13, 2011 at 8:01 am

    wuihhih mantap 😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: