Home > Inspirasi > Tunjukkan Karakter Brand Anda dengan Cinta – #FreShSby

Tunjukkan Karakter Brand Anda dengan Cinta – #FreShSby

Ada Cinta di Social Media. Tema itulah yang dibahas dalam forum FreSh
Surabaya Senin, 28 Februari 2011 lalu. Tema cinta tersebut ternyata mampu menarik hati banyak kaum hawa untuk datang ke Hall Suara Surabaya Media di Wonokitri, di mana acara tersebut diselenggarakan. Terihat pula beberapa praktisi social media turut hadir dalam forum tersebut.

Irma dari Suara Surabaya Media

Imam Muttaqin, moderator FreSh Surabaya, mengawali acara dengan memperkenalkan FreSh Surabaya dan kegiatannya. Kemudian, dilanjutkan dengan ucapan selamat datang dari Irma, Manajer Promosi Suara Surabaya Media untuk para pecinta FreSh Surabaya. Irma mengatakan, generasi connect (gen-c) akan menjadi concern Suara Surabaya dalam setahun ke depan.

Pembicara pertama yang mengupas tema Ada Cinta di Social Media yaitu Rishita Dewi. Sehari-hari Rishita bekerja sebagai Manajer Marketing dari Orenz taxi. Rishita senang mengeksplorasi nilai-nilai kehidupan dan cinta. Ia juga pembaca tarot.

Malam itu Rishita banyak menjelaskan tentang hakikat cinta. Menurutnya, cinta adalah sumber kehidupan. Tak ada kehidupan, kalau tak ada cinta. Kita bisa hadir di dunia dengan selamat, bisa hidup hingga sekarang, bisa beraktivitas sehari-hari karena ada cinta yang bertebaran di mana-mana.

Rishita Dewi

Cinta itu bisa menggerakkan. Misal, kasus Prita dulu. Karena ada cinta untuk dia dan keluarganya, kita bisa tergerak untuk ikut membantunya. Ikut menyebarkan informasi tentang koin untuk Prita, dan bahkan tergerak untuk ikut menyumbang koin untuk dia.

Cinta juga bisa membuat orang mau dan berani berkorban. Misal, karena cinta dengan pasangannya, seseorang rela berkorban untuk tidak tidur berhari-hari karena harus menunggui pasangannya yang sakit. Ya. Itulah kekuatan cinta.

Dalam komunikasi pemasaran, kekuatan cinta itu bisa dimanfaatkan. Dengan cinta kita bisa mengkomunikasikan brand kita, agar para pelanggan tergerak untuk menggunakan produk yang kita miliki, setia, dan rela berkorban untuk mendapatkan produk-produk kita.

Lalu bagaimana caranya? Yaitu dengan membuat cerita cinta yang kuat dan menarik. Misalkan kita mengelola sebuah brand, ibaratkan brand tersebut sebagai manusia yang mempunyai beberapa karakter. Tunjukkan karakter tersebut melalui cara-cara yang bisa menyentuh hati audiens atau pelanggan.

Pelanggan itu butuh diakui dan dihargai. Berikanlah itu. Jika brand diibaratkan sebagai manusia, maka dia akan bisa merasakan apa yang dirasakan pelanggannya. Kalau brand diibaratkan sebagai manusia, ia juga akan bertindak sebagaimana manusia, yang punya rasa cinta.

Tips dari Rishita, carilah karakter yang tepat untuk brand yang Anda kelola. Seimbangkan karakter yang kuat/ keras, dan yang lembut. Contoh mengibaratkan brand, brand sebagai lelaki dewasa, yang tangguh, lincah, ramah dan mengayomi. Jadi, karakter itulah yang harus ditunjukkan dalam keseharian brand tersebut.

Leith Keshava

Pembicara kedua adalah Leith Keshava. Leith Kesava adalah seorang konsultan dalam hal romantisme. Ia juga bisa menekuni bidang hypnoromance.

Menurut Leith, dalam memaknai cinta setiap orang bisa berbeda dan berubah-ubah. Yaitu, tergantung pengalaman cinta yang menempel dalam benak dan pikirannya. Jika dalam pengalamannya seseorang seringkali mengalami kegagalan cinta dan disakiti, bisa-bisa ia memaknai cinta sebagai sebuah hal yang menyakitkan. Oleh sebab itulah, mendekati seseorang dengan cinta juga butuh melihat latar belakang orang yang akan didekati tersebut lebih dahulu.

Masih menurut Leith, cinta itu butuh keseimbangan. Cinta bertepuk sebelah tangan itu tidaklah enak. Cinta yang sehat, itu perlu adanya saling memberi dan menerima. Tidak bagus kalau kita selalu memberi tanpa mendapatkan imbal baliknya.

Investasi dalam masa pedekate (pendekatan) itu penting. Namun kita mesti memperlihatkan keadaan sebenarnya dari awal. Jangan berbohong, jangan memakai kedok. Karena, akan berat untuk mengembalikan kepercayaan jika ternyata kita ketahuan berbohong. Oleh karenanya, tunjukkan kewajaran dalam mendekati calon pasangan.

Ilmu dalam mendekati pasangan juga bisa diterapkan dalam mendekati calon klien atau pelanggan.

Rendra Bachtiar

Pembicara terakhir pada forum sharing malam itu adalah Rendra Bachtiar dari Bagian Promosi Grand City Surabaya. Malam ini Rendra berbagi pengalamannya dalam menjalankan program kontes foto pasangan melalui social media Grand City pada momen valentine lalu.

Dalam presentasinya, Rendra menunjukkan data yang mengindikasikan peningkatan signifikan dari akitivitas social media Grand City Surabaya selama program tersebut berlangsung. Dengan menggelar program foto kontes tersebut, jumlah like di Facebook page Grand City meningkat 10 kali lipat.

Menurut Rendra, kunci sukses program tersebut adalah momen yang tepat, interaksi, dan bangunan cerita yang bagus.

Terkait dengan pengelolaan social media, Rendra menyarankan, agar admin dari social media brand harus bisa mengakomodasi para fans dan followernya. Yang namanya social media, semua orang bisa bilang apa saja di dalamnya. Itu harus diakomodasi. Jangan ditampilkan yang bagus-bagusnya saja, padahal ada yang komplain. Tetap tampilkan komplain itu, tapi berikan tanggapan dan jawaban yang bagus dari komplain tersebut. Dengan begitu, brand menunjukkan bahwa ia mau bercakap dan mengakomodasi pengikut dan fansnya.

 

Foto Bersama FreSh Surabaya

Itulah usalan FreSh Surabaya Februari 2011. Malam itu benar-benar penuh cinta. Tak hanya itu, malam itu juga banyak dibagikan souvenir, voucher, dan hadiah dari Suara Surabaya, Orenz Taxi, dan Grand City Surabaya.

Terima kasih untuk semua yang telah mendukung dan ikut berpartisipasi dalam FreSh Surabaya. Sampai jumpa di forum FreSh Surabaya selanjutnya. Jangan lupa, ikuti kami di twitter @FreShSby dan facebook.com/freshsby.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: